Wednesday, June 3, 2015

Resep Mie Goreng Ala Rumahan

Menurut survey yang dilakukan oleh para pakar, bahwasannya mie adalah jenis makanan yang paling banyak dinikmati oleh orang Indonesia, dengan rasanya yang gurih dan teksturnya yang menggoda selera serta mudah dalam membuatnya, membuat banyak kalangan mulai dari kalangan bawah sampai kalangan atas menjadi penggemar jenis makanan yang satu ini, bisa di bilang mie adalah makanan sejuta umat.

Sebagai makanan yang banyak digemari oleh semua kalangan, hal ini berimbas pada banyaknya inovasi terhadap Resep Mie diantaranya Resep Mie Goreng, Resep Mie Jawa, Resep Mie Rebus, Resep Mie Ayam, Resep Mie Bakso dan masih banyak lagi varian-varian dari makanan ini. Mengingat salah satu favorit saya adalah Mie Goreng maka kali ini saya akan mencoba menyajikan sebuah tulisan yang membahas tentang Resep Mie Goreng Ala Rumahan, Kenapa dikasih judul Ala rumahan, karena yang akan disajikan kali ini adalah menu makanan mie yang sederhana sehingga mudah di racik sendiri di rumah tidak perlu ke restoran mahal untuk menikmatinya.

Resep Mie Goreng

Untuk membuat Resep Mie Goreng Ala Rumahan ini sebenarnya tidak begitu rumit dan jelimet dan juga dibutuhkan waktu yang tidak terlalu lama dalam memasaknya, tidak seperti membuat Resep Gudeg Yogya yang Kondang itu yang butuh waktu berjam-jam dalam membuatnya. Sebelum memulai memasak makanan ini perlu dipersiapkan beberapa bahan dan bumbu yang dibutuhkan untuk membuat resep makanan ini,bahan-bahannya adalah sebagai berikut:
  1. 1 ons udang basah.
  2. 1 paha ayam.
  3. 2 lembar kol yang dipotong tipis-tipis,
  4. 1/4 kg mie basah,
  5. 1 genggam kapri muda.
  6. Kuah ayam
  7. Acar ketimun
Sedangkan bumbu-bumbu yang dibutuhkan adalah sebagai berikut:
  1. 3 batang daun bawang. 
  2. Minyak goreng.
  3. 3 batang seledri.
  4. vitsin.
  5. 3 siung bawang putih.
  6. 2 sendok makan kecap asin. 
  7. Garam.
  8. Merica dan kecap manis.
  9. Cabe rawit.

bahan dan bumbu diatas disesuaikan dengan porsi yang diinginkan, kalau menginginkan porsi yang besar, maka bahan serta bumbunya dikalikan sesuai dengan porsinya.

Cara Memasak Mie Goreng

Untuk memasak Resep Mie Goreng Ala Rumahan ini, langkah pertama yang dilakukan adalah bawang putih dipukul sampai pipih, kemudian dipotong tipis-tipis, daun bawang dipotong memanjang, kesemua bumbu itu kemudian ditumis. Jika warnanya sudah menguning, selanjutnya masukkan udang dan daging ayam yang sudah dipotong tipis kecil-kecil. Aduk-aduk sampai matang , tuangkan kecap asin, kecap manis dan kuah ayam. Jika sudah mendidih masukkan mie, sayuran serta bumbu-bumbu, aduk-aduk sebentar lalu diangkat.
Mie Goreng ini pas kalau dihidangkan dalam kondisi masih panas atau hangat, untuk lebih nikmatnya dimakan dengan cabe dan Acar Ketimun.

Demikian tulisan saya yang membahas tentang Resep Mie Goreng Ala Rumahan, semoga apa yang saya sajikan dalam tulisan ini dapat memberi kemudahan bagi pembaca dalam mencari refrensi tentang menu masakan indonesia.untuk Referensi masakan nusantara yang lebih lengkap kunjungi blog ini resep masakan nusantara.

No comments:

Post a Comment