Monday, June 1, 2015

Resep Sayur Asem-Asem yang Menggugah Selera


makanan asli indonesia

Banyak sekali ragam makanan di indonesia, Indonesia tidak hanya kaya akan ragam budayanya tapi juga kaya akan ragam kulinernya,dari sabang sampai merauke mungkin ada ribuan ragam kuliner yang dimiliki oleh Indonesia, diantaranya Gudeg Yogya yang Kondang, Soto Kudus Tak Terlupakan, Mie Jawa yang Menggoyang Lidah, Gulai Kambing yang Gurih dan Empuk dan masih banyak lagi Kuliner yang nikmat. Kekayaan ini sudah sewajarnya kita lestarikan agar nanti anak cucu kita tetap mengenal ragam budaya serta ragam kuliner yang dimiliki oleh Indonesia.

Dengan begitu gencarnya serangan budaya dan ragam makanan dari negara lain terutama negara barat,saya sebagai salah satu anak bangsa yang peduli dengan kelestarian ragam kuliner asli Indonesia mencoba untuk memberikan sumbangsih dengan menulis dan menyajikan ragam kuliner asli Indonesia.

Resep Makanan  Sayur Asem-asem


Resep Sayur Asem-asem adalah salah satu makanan asli Indonesia,makanan ini diracik dengan bahan-bahan sebagai berikut:
  1. 2 ons boncis
  2. 1 ons daging tetelan
  3. 1 ons kulit belinjo
  4. 2 sendok makan minyak goreng.
Disamping bahan-bahan diatas dalam membuat sayur asem-asem dibutuhkan pula beberapa bumbu yaitu:
  1. 4 buah bawang merah
  2. 2 siung bawang putih
  3. 2 biji cabe merah
  4. 4 biji cabe hijau
  5. 1 helai daun salam
  6. 1 ruas jari laos
  7. 1/2 sendok makan gula merah
  8. 2 sendok makan kecap
  9. 1 sendok teh garam
  10. 1 sendok makan air asam.

Bahan dan bumbu-bumbu diatas dipersiapkan sesuai dengan kebutuhan pembuatan sayur asem-asem itu sendiri,artinya kalau ingin membuat porsi besar maka bahan dan bumbu-bumbu dikalikan sesuai dengan kebutuhan.takaran bahan dan bumbu-bumbu diatas diperuntukkan untuk 4 porsi.

Cara Memasak Sayur Asem-asem


Dalam memasak Resep Sayur Asem-asem yang Menggugah Selera dibutuhkan ketelitian dan ketelatenan karena mengingat banyak bahan yang harus di masak sesuai dengan resep makanan sayur asem-asem,sebenarnya resep makanan sayur asem-asem cara masaknya tidak beda jauh dengan memasak resep masakan indonesia lainya.

Pertama yang harus dilakukan dalam memasak sayur asem-asem adalah:
  1. Cuci tetelan, rebus potong-potong seperti dadu. 
  2. Bersihkan boncis, cabe merah dan hijau, cuci, potong-potong membuat 1/2 ruas jari. 
  3. Iris halus bawang merah dan putih, lalu tumis, masukkan bumbu-bumbu lainnya kecuali air asam.
  4. Masukkan boncis, tambahkan kaldu 1 gelas kemudian tambahkan air asam.perbandingan kuah dengan isi = 1:1.warna kecoklat-coklatan, berkuah, rasanya asam pedassedikit manis. 
  5. Hidangkan dalam mangkuk sayur atau basi tertutup.

Demikian sajian kami tentang Resep Sayur Asem-asem yang Menggugah Selera,semoga sajian kami ini mampu memberikan manfaat bagi anda serta mampu melestarikan resep masakan indonesia agar tidak hilang di telan zaman yang serba mengandalkan makanan cepat saji ala barat.maka dari itu tulisan ini bisa sebagai refrensi anda dalam menyajikan resep-resep  masakan nusantara.


makanan asli indonesia

No comments:

Post a Comment