Tuesday, June 2, 2015

Resep Gulai Kambing yang Gurih dan Empuk



Masakan Asli Indonesia Gulai Kambing
Cerita ini diawali ketika saya jalan-jalan dengan teman-teman semasa SMP,bisa dibilang ini adalah reuni 5 tahun sekali. tujuan kami adalah sebuah kota di Jawa Tengah tepatnya di Ibu Kota Provinsi Jawa Tengah yaitu kota Semarang, Kota Semarang tidak hanya terkenal dengan Lumpianya tapi juga banyak aneka macam kuliner di kota Semarang yang menggugah selera para penikmatnya, diantaranya adalah Soto Kudus, Gudeg Yogya , Mie Jawa dan  Gulai kambing. Warung Gulai Kambing yang ingin kami cicipi adalah Warung Gulai Bustaman Pak Sabar Semarang.Gulai Bustaman Pak Sabar ini memang sesuai dengan kabar-kabar yang kami dengar, rasanya sangat nikmat dan membuat kami puas serta ketagihan untuk kembali lagi menikmatinya. Bumbunya kental di padu dengan daging kambing muda yang empuk, membuat lidah kami bergetar.

Terinspirasi dari gulai Kambing Bustaman Pak sabar yang sangat menggoda, akhirnya terpikir oleh ku untuk membuat tulisan tentang gulai kambing, mulai lah saya mencari refrensi tentang gulai kambing, tujuan pertama adalah situs wikipedia juga menjelajah di situs-situs berita online seperti detik dan juga okezone akhirnya terkumpullah beberapa materi untuk menulis tentang resep makanan asli indonesia yaitu Gulai Kambing.

Resep Masakan Gulai Kambing


Resep Gulai Kambing adalah sebuah makanan asli indonesia yang terbuat dari bahan pokok daging kambing dengan balutan bumbu-bumbu yang kental dan gurih. Bagi pembaca yang ingin membuat gulai kambing sendiri di rumah, maka kami sajikan tulisan yang membahas tentang resep-resep makanan gulai kambing. hal pertama yang dilakukan dalam membuat gulai Kambing adalah menyiapkan bahan-bahan yang di gunakan untuk membuat gulai kambing, bahan-bahan yang dibutuhkan adalah sebagai berikut:
  1. Jerohan
  2. Daging atau tulang kambing
  3. Kelapa
  4. Kemiri
  5. Ketumbar
  6. Jinten
  7. Manis jangan
  8. Cengkeh
  9. Daun koro keling
  10. Bawang merah
  11. Bawang putih
  12. Merica glondongan
  13. Laos
  14. Sere
  15. Garam 
  16. Kunir.
Bahan-bahan diatas pemakainya tergantung porsi gulai kambing yang diinginkan jika ingin porsi besar maka bahan-bahan yang digunakan pun harus banyak, agar rasanya tidak hambar karena kekurangan bumbu.

Cara Masak Resep Gulai Kambing


Untuk membuat Resep Gulai kambing yang Gurih dan Empuk ada dua versi bahan yang digunakan, kalau menggunakan jerohan babat maka harus di cuci dahulu dengan air kapur yang bersih, tapi kalau memakai daging atau tulangnya, maka dipotong-potong dahulu, baru direbus sampai lunak. kemudian kelapa di parut dan dibikin serundeng, lalu diulek sampai keluar minyaknya.

Langkah selanjutnya adalah gongso bumbu-bumbu kemiri, ketumbar, jinten, manis jangan, cengkeh, merica, laos, sere, kunir, daun koro keling, sampai kering ( tidak pakai minyak). Lalu ditumbuk yang halus kecuali manis jangan, cengkeh, laos, sereh, dan daun koro keling, semuanya ini tidak usah diulek.Kemudian masukkanlah daging itu dalam panci, rebus bersama serudengnya yang sudah diulek dan sekalian bumbunya. goreng bawang merah, bawang putih dan masukkan dalam gulai itu. gulai lezat siap untuk di sajikan.


Demikian tulisan yang dapat saya sajikan untuk pembaca tentang Resep Gulai Kambing yang Gurih dan Empuk, semoga apa yang kami tulis memberikan inspirasi bagi pembaca untuk selalu menghidangkan hidangan lezat dan nikmat bagi keluarga, saudara dan teman-teman.sebagai refrensi pembaca juga bisa membaca Resep Mie Jawa yang Menggoyang Lidah, Resep Soto Kudus Tak Terlupakan, Resep Gudeg Yogya yang Kondang

Masakan Asli Indonesia Gulai Kambing

No comments:

Post a Comment